Info Seleksi CPNS 2010 Kota Surakarta : Pelamar Harus Punya Sertifikat TOEFL Score Minimal 425

Tim Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Solo dijadwalkan bertolak ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan & RB) di Jakarta, Selasa (19/10) ini, untuk menanyakan dan memastikan jumlah dan rincian kuota lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kota Surakarta tahun 2010. Demikian dijelaskan Kepala BKD Solo, Etty Retnowati, saat ditemui wartawan di kompleks Balaikota, Senin (18/10). Dia mengatakan belum mengetahui kepastian jatah CPNS tahun untuk Kota Solo ini menyusul belum adanya respons pusat tentang pengajuan tambahan kuota.

“Saat ini kami belum tahu, mudah-mudahan bisa jadi 200 orang. Memang seharusnya hari ini sudah ada kepastian dari pusat,” katanya. Etty belum dapat memastikan apakah pengumuman seleksi CPNS 2010 bisa diumumkan Jumat (22/10) mendatang sesuai kebijakan Pemprov Jateng, karena jumlah dan rincian lowongan CPNS hingga awal pekan ini belum jelas.

Sedangkan Sekretaris Daerah (Sekda) Solo, Budi Suharto, menjelaskan seleksi CPNS tahun ini tanpa tes wawancara. Tahun lalu Pemkot Solo mewajibkan peserta seleksi CPNS menjalani tes wawancara.

Tes wawancara dalam seleksi CPNS tahun lalu dilakukan Pemkot terhadap calon PNS yang telah lolos ujian tulis. Tahun ini seleksi CPNS dilakukan oleh Pemprov Jateng. Salah satu syarat yang diajukan Pemkot kepada Pemprov untuk seleksi CPNS yakni sertifikat Test of English as a Foreign a Language (TOEFL).

Pemkot Solo meminta minimal nilai tes TOEFL 420, sama dengan tahun 2009. Menurut Budi, Pemkot tidak membatasi ihwal waktu diterbitkannya sertifikat TOEFL. Yang terpenting, lanjut dia, peserta CPNS memiliki standar kemampuan berbahasa Inggris yang layak.

“Bila sudah pernah mendapat sertifikat TOEFL tentu kemampuan dasar mereka bagus. Tinggal bagaimana memoles kembali kemampuan itu melalui pelatihan atau pembekalan awal. Tidak ditentukan TOEFL tahun kapan, pokoke tau entuk TOEFL,” terang dia.